Menu

5 Mainan Edukasi Anak 2 tahun Terbaik

Mainan Edukasi Anak 2Tahun

Mainan Edukasi Anak 2 Tahun – Pada usia 2 tahun, 75% otak anak sudah berkembang sebagaimana otak orang dewasa. Oleh karena itu sering kita terkagum-kagum sekaligus kewalahan melihat perkembangan dan kemampuannya yang meningkat pesat. Usia ini juga seringkali disebut “terrible two” karena seringkali balita dua tahun kita merengek, menjerit dan tantrum. Dan hal inilah yang mungkin membuat kita sebagai orangtua merasa kelelahan menghadapi mereka.

Tapi perlu kita pahami tantrum terjadi karena mereka masuk pada masa transisi dari zona bayi dimana kecerdasan emosi dan sosialnya muncul sehingga ia memiliki keinginan untuk mengaktualisasi diri. Anak mulai mampu mengatakan keinginannya, melakukan banyak hal sendiri dan menolak apa yang ia tidak mau. Akan tetapi di saat bersamaan, kemampuan interaksi dan komunikasi anak masih berkembang sehingga ini yang membuat anak kadang frustasi untuk menyampaikan atau mengkespresikan emosi atau keinginan mereka.

Namun kita sebagai orang tua harus menyambut usia dua tahun ini pernuh sukacita karena tumbuh kembang mereka yang pesat membuat mereka sangat menggemaskan. Kemampuan bicara mereka bertambah banyak, dan sudah mulai bisa mengerjakan banyak hal sederhana. Selain belajar memahami dan merespon tantrum balita dua tahun, sebagai orang tua ada baiknya memahami perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak pada usia ini karena dua hal ini sangat perlu distimulasi dan berkembang dengan baik. Dan untuk perkembangan yang optimal, kita bisa menunjang stimulasi mereka dengan mainan edukasi yang sesuai untuk balita usia dua tahun. Berikut rekomendasi jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya:

5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun Untuk Tumbuh Kembang Anak

1. Mainan Untuk Melatih Gerak Motorik Kasar Anak

Motorik kasar adalah gerak tubuh yang melibatkan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh. Kemampuan motorik dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik, dan usia dua tahun adalah masa yang penting untuk perkembangan motorik kasar anak. Beberapa gerakan yang biasanya sudah mampu dilakukan oleh anak usia dua tahun adalah berjongkok, berjinjit, naik turun tangga, melompat dua kaki, dan berlari. Dan mainan edukasi anak 2 tahun yang cocok untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak antara lain:

  • Bola tendang
  • Walker atau benda yang bisa didorong anak
  • Bola basket mini

2. Mainan Untuk Melatih Gerak Motorik Halus Anak

Motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan kemampuan fisik yang menggunakan otot-otot kecil, terutama tangan, serta melibatkan koordinasi mata-tangan. Kemampuan motorik halus setiap anak berbeda-beda tergantung kemampuan fisik bawaan dan stimulasi yang ia dapatkan. Walau demikian, saraf dan kemampuan motoric halus ini dapat dilatih dan ditingkatkan melalui kegiatan dan stimulasi yang tepat secara rutin termasuk dengan bermain mainan yang memberikan manfaat demikian. Dan mainan edukasi anak 2 tahun yang sesuai untuk menstimulasi motorik halus anak antara lain:

  • Puzzle
  • Pasir Kinetik
  • Plastisin
  • Mainan yang meminta anak untuk memasukanya benda ke dalam lubang sesuai bentuk atau warna
3. Mainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Pada usia dua tahun anak sudah mulai belajar mengkategorikan benda, misalnya burung dan ayam adalah binatang, bola dan balok adalah mainan, dan sebagainya. Ia juga mampu mengenali dan mengingat berbagai macam benda baik di lingkungan sekelilingnya atau benda-benda yang baru ia temui. Lebih jauh lagi, dengan stimulasi yang tepat, anak mulai mampu mengenali konsep perbedaan seperti ‘lebih-kurang’ , ‘naik-turun’ atau ‘banyak-sedikit. Dan ini membuat anak terus menambah kosakata dan meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Beberapa mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat menstimulasi kemampuan ini antara lain:

  • Mainan figur hewan-hewanan
  • Puzzle knop dengan tema atau kategori benda tertentu.
4. Mainan Untuk Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Salah satu aspek yang menunjang perkembangan aspek kognitif anak adalah daya imajinasi anak yang berkembang. Dan pada usia dua tahun, daya imajinasi anak terlihat dari diri mereka yang gemar mengamati dan mengimitasi orang dewasa di sekitarnya, seperti berperan menjadi ibu rumah tangga, bermain masak-masakan, bermain boneka atau meniru profesi tertentu. Oleh karena itu, mainan yang menunjang bermain peran dapat diberikan kepada batita usia dua tahun kita:

  • Mainan masak-masakan
  • Rumah-rumahan
5. Mainan Untuk Meningkatkan Daya Kreativitas Anak

Memiliki daya kreativitas yang baik tentunya sangat baik untuk tumbuh kembang anak kita. Banyak pilihan mainan sederhana yang dapat menggali ide dan kreativitas dalam anak. Beberapa mainan yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dua tahun, antara lain:

  • Plastisin
  • Balok
  • Block/Bricks berukuran besar
  • Drawing board

Demikian 5 Mainan edukasi anak 2 tahun yang kami bagikan menurut blog shintapratiwi.com. Untuk Info Lebih Lanjut Tentang Dunia Parenting Ikuti Terus Blog Finery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *