Menu

5 Konsep Rumah Minimalis Yang Wajib Kamu Ketahui

Konsep Rumah Minimalis – Memiliki rumah sendiri adalah harapan hampir semua orang. Terus menerus menyewa rumah untuk ditinggali memang memunculkan ketidakpuasan dan rasanya ingin segera bisa tinggal di rumah yang memang milik kita sendiri. Namun mahalnya harga tanah dan rumah yang dijual dipasaran kini tidak main-main. Mau tidak mau, Anda akan lebih direkomendasikan untuk mengadaptasi konsep rumah minimalis saja.

konsep rumah minimalis

Berbicara tentang rumah minimalis, maka kita berbicara mengenai bagaimana bisa memaksimalkan keterbatasan lahan dalam membangun rumah idaman. Lahan terbatas bahkan sempit tidak menjadi halangan untuk rumah minimalis. Bahkan jika Anda membuat konsep rumah bertingkat, tangga pun bisa didesain sedemikian rupa sehingga efektif penempatannya. Misalnya seperti pemanfaatan ruang kosong bagian tangga dengan lemari bawah tangga. Inilah salah satu konsep inspiratif dari prinsip minimalis dalam membangun rumah. Ingin tahu konsep lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

5 Konsep Rumah Minimalis Dalam Membangun Sebuah Rumah

Prinsip minimalis dalam membangun sebuah rumah dibangun oleh konsep-konsep yang perlu dimengerti  Berikut ini ada 5 konsep rumah minimalis untuk Anda pahami dan bisa gunakan untuk memastikan rumah impian Anda bisa terwujud.

1. Memiliki Bentuk yang Sederhana Namun Berfungsi

Konsep utama dari suatu rumah yang dibangun minimalis adalah bentuknya sederhana. Rumah seperti ini tidak memiliki tatanan yang rumit bahkan cenderung sangat lowong tanpa banyak variasi. Efisiensi lahan adalah alasan mengapa bentuk rumah dibuat sesederhana mungkin. Alhasil ruang kosong sekecil apapun pun bisa disulap menjadi berfungsi tinggi. Seperti lemari bawah tangga contohnya. Ruang kecil di bawah tangga selalu difungsikan menjadi tempat penyimpanan pada desain-desain rumah minimalis.

2. Fokus pada Ruang Terbuka yang Bersih dan Cukup Pencahayaan

Berikutnya, rumah yang minimalis juga sangat menjunjung konsep ruang terbuka. Sekat antar ruangan dibuat sedikit mungkin. Ruang terbuka ini pun selalu diposisikan memiliki kebersihan dan pencahayaan yang cukup. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan rumah minimalis menggunakan jendela-jendela besar agar banyak cahaya alami yang masuk ke rumah.

3. Kombinasi Material Unik dan Menarik

Pastinya semua rumah minimalis menerapkan konsep yang satu ini dalam pemilihan material. Rumah minimalis selalu menerapkan kombinasi material yang unik, namun tetap menarik. Seperti pada kebanyakan rumah minimalis disekitar Anda contohnya. Pasti selalu ada kombinasi antara kayu dan kaca bukan? Konsep rumah lain akan sangat jarang menggunakan kombinasi dua material ini. Namun pada rumah minimalis, ternyata kombinasinya bisa sangat memuaskan hasilnya.

4. Menggunakan Dekorasi dalam Jumlah Minimum

Perhatikan juga bahwa rumah yang minimalis sangat ditentukan juga oleh bagaimana Anda mendekorasi interiornya. Interior dalam rumah minimalis seharusnya dibuat seminimum mungkin. Jangan sampai dekorasi rumah Anda terlalu penuh dan akhirnya malah menghilangkan keindahan dari prinsip minimalis itu sendiri.

5. Struktur Bangunan Anti Ribet

Terakhir, konsep yang harus diperhatikan adalah struktur bangunan. Bangunan rumah minimalis anti ribet. Anda tidak akan menemukan banyak dinding yang membuat rumah malah terkesan sempit. Pengaturan penyimpanan pun sangat dimaksimalkan, khususnya pada ruang di bawah tangga. Banyak rumah minimalis yang membangun lemari bawah tangga untuk memaksimalkan fungsi lahannya.

Baca juga : Tips Mendesain Kamar Mandi Hotel

Nah sekarang kamu sudah mengetahui apa saja 5 konsep rumah minimalis yang menjadi dasar prinsip dalam membangun rumah ini. Mudah dipahami dan diaplikasikan ya? Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu menunda lagi harapan untuk memiliki rumah sendiri. Walau lahannya terbatas, rumah impian Anda tetap dapat terwujud bahkan bisa dibangun dengan sangat memuaskan menggunakan prinsip minimalis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *